Sabtu, 20 September 2014

KOMUNIKASI NONVERBAL




 Komunikasi Nonverbal adalah proses penyampaian pesan tidak menggunakan kata-kata. Kesimpulannya adalah tentang berbagai macam persaan orang, baik rasa senang, benci, cinta, kangen dan berbagai macam perasaan lainnya. Komunikasi non verbal bisa untuk lebih memperkuat pesan yang disampaikan komunikator kepada komunikan.
Bentuk komunikasi non verbal sendiri di antaranya adalah bahasa isyarat, ekspresi wajah, sandi, symbol-simbol, warna dan intonasi suara.

Contoh :

  1. Sentuhan seperti bersalaman / berpegangan tangan, berciuman, berpelukan.
  2. Gerakantubuh seperti kontak mata, ekspresi wajah, isyarat, dan  sikap tubuh. Gerakan tubuh biasanya digunakan untuk menggantikan suatu kata atau frase, misalnya mengangguk untuk mengatakan ya; untuk menjelaskan sesuatu; menunjukkan perasaan.
  3. Vokalik adalah unsur non verbal dalam suatu ucapan, yaitu cara berbicara. Contohnya adalah nada bicara, nada suara, keras atau lemahnya suara, kecepatan berbicara, kualitas suara, intonasi.
  4. Kronemik adalah bidang yang mempelajari penggunaan waktu dalam komunikasi nonverbal. meliputi durasi yang dianggap cocok bagi suatu aktivitas, banyaknya aktivitas yang dianggap patut dilakukan dalam jangka waktu tertentu, serta ketepatan waktu.

Tidak ada komentar: